Australia … Here I come …

2 Juli 2010
The time is coming! Finally I got my flight schedule to Australia. It’s July 2nd, 2010. Flight from Jakarta to Sydney (QF 42) 20.45 – 06.30. Then, July 3rd, 2010 flight from Sydney to Adelaide (QF 759) 14.35 – 16.15.
The journey begin. I will start my Master Degree in The University of Adelaide starting from this 2nd semester, 2010 for the next two years. There is nothing special about this moment. Of course I feel sad because I’ll leave my family and friends for about two years, but life goes on.

Back to my journey …
I arrived at Soekarno-Hatta airport at 5 p.m., langsung check in. Setelah itu keluar lagi buat sholat maghrib, sambil pamitan ke keluarga dan teman-teman. My family is a big happy family, sampe-sampe yang nganter aku kaya orang lagi nganter jemaah haji. Yang perginya satu orang, yang nganter serombongan. Wah, entah berapa orang deh, mulai dari parents, uncles, aunties, brothers, sisters, nephews, nieces, best friends, banyak banget :D. Alhamdulillah, banyak yang nganter jadi gak kesepian. Sampe tak terasa hampir jam 19.30, harus udah masuk gate. Ah ponakanku yang paling kecil will be 5 years old when I get back, huaaa … akan melewatkan banyak moment :(.
Lewat imigrasi via antrian jalur dinas/diplomatik, berbekal paspor biru, padahal visa aku ada di paspor hijau, jadi tuh paspor di cap dua-duanya. Gak ngaruh juga sih, tapi lumayan, gak terlalu ngantri dibanding di jalur paspor biasa. Di tiket tertera Gate D6, tapi ternyata dipindah ke Gate D2. Hohooo ternyata banyak banget orang Indonesia yang mau ke Oz, but waaiiitttt … kok tas-nya pada sama! Haha, itu orang-orang rombongan tour!

Then the journey from Jakarta to Sydney (5517 km) by Qantas QF 42 Airbus 330-200. Nothing special in my flight, but like usual I can’t sleep during the flight. Fortunately, there’s only 2 people for 4 seats in my row, jadinya sangat leluasa karena sebelah kiri dan kananku kosong, aku bisa tiduran meringkuk di kursi :D Untung flight-nya gak terlalu lama, “hanya” sekitar 7 jam. Oh ya, makanan di Qantas kok lebih enak dibanding KLM ya?? trus dikasi jus-nya juga dalam gelas plastik yang lebih besar (komen-komen gak penting! :D). Tapi inflight entertainment-nya lebih banyak dan lengkap di KLM. Sekitar sejam sebelum mendarat, cabin crew-nya ngumumin hasil pertandingan antara Belanda dan Brazil, hahaha … lucu banget. Tapi, jadi tau skornya deh, 2-1 buat Belanda.

3 Juli 2010
Setelah itu, landing di Sydney. Ngeliat orang-orang rombongan tour itu lucu banget ya, mereka baris di belakang tour guide-nya yang memegang bendera lambang Tour and Travel yang bersangkutan. Wah lama deh, saling tunggu satu sama lain. Dalam hati komentar, kenapa mereka2 gak ngerencanain liburan sendiri aja ya? Kan lebih menantang tuh dibanding ikut tour (maklum, pikirannya kalo ada planning liburan, pasti cara backpacker :D).
Sementara aku berlalu sendirian, mencoba untuk tidak tersesat, hahaha kebangetan kalo masih tersesat mah, orang banyak sign dimana-mana. Imigration checked. Wah tuh petugas imigrasi di Sydney ngasal banget ngecap paspor, capnya langsung di halaman tengah yang kosong, gak deket cap keberangkatan. Trus baggage claim, gak nunggu lama, dua luggage langsung nongol. Setelah itu saatnya pemeriksaan custom, di pesawat udah isi Incoming Passenger Card, declare semua bawaan, trus ditanya-tanya, bawa makanan, obat, dan gadget apa aja, bla … bla … bla … Alhamdulillah lolos tanpa kopernya harus dibuka-buka. Ribet deh kalo musti buka-buka koper. Abis kalo liat acara Security Border di Q Network, kayanya custom di Australia ngeri banget yaks! Alhamdulillah berlalu tanpa halangan dan juga tidak melihat anjing-anjing petugas custom berkeliaran bebas di airport (yang biasanya mengerikan).
Cari exit gate buat domestic transfer Qantas, tapi pas jalan keluar Terminal International Sydney, kok banyak reporter TV yaaa??? Wah kayanya ada orang terkenal tuh, siapa ya? Celingak-celinguk nyari, eeehhh ternyata Tiim Cahill, woooowwww (padahal kemarin cuma liat di TV pas worldcup, sekarang liat aslinya). Pantesan banyak orang bawa-bawa flag Australia dan ada yang pake jersey-nya Everton, bahkan banyak yang bawa bunga juga. Akhirnya sambil cari Qantas Domestic Transfer sambil foto-foto, dapet deh, walopun dari kejauhan dan gak terlalu jelas, jiah fotonya lagi merem pula. Soalnya sambil jeperetin kamera sambil khawatir trolley dengan dua koper yang terabaikan di belakang :D

Tim Cahill, yaa dapet fotonya pas merem deeehhh :D

Oh ya, di pesawat sebelumnya aku baru ngeh, kalo tag baggage aku dan tiket aku ke Adelaide kok beda ya nomor penerbangannya?? Setelah antri panjang dan bilang ke crew Qantas, eeeh dia juga bingung, kok bisa gitu. Jadinya nunggu lama buat confirm. Tetep ada hikmahnya, karena dapet flight yang QF 747 jam 10.45, daripada mesti nunggu fligh QF 759 jam 14.35 dari Sydney. Dari Terminal 1 (International) ke Terminal 3 (Qantas Domestic) diangkut pake bus-nya Qantas. Lumayan juga sih nunggunya, tapi jadinya sempet cuci muka dan sikat gigi, uuhh udah risih banget deh. Nah sekarang udah bingung mo ngapain di airport (jadinya nulis ini di Terminal 3 Airport Sydney), soalnya bener-bener mati gaya, tadi sih ngantuk, tapi tiba-tiba jadi banyak orang dan berisik, jadinya gak bisa tidur. Apalagi tiba-tiba ada 4 orang India duduk di sekitar aku, wuih berisik dengan gaya bicara mereka yang cepet banget. Tapi, mau jalan-jalan explore Terminal 3 juga males, orang kaya gini doank kok airportnya, satu hall panjang, lurus.

Tadi sempet beli hot chocolate yang ukuran small, wew mahal AUD 3.8, kalo dirupiahin kan lumayan tuh ampir 25ribu cuma cup kecil doank :sigh: Haduuuhhh, stop converting the currency! Di Airport sini juga (seperti semua airport pada umumya) fasilitas internetnya mesti bayar, gak kaya di Changi, Singapore, gratisss (heh, orang Indonesia banget ya, senengnya gratisan). Coba semua airport kaya di Changi ya, mo berapa jam transit juga gak akan masalah (walaupun dijatah 15 menit, tapi kalo gak antri sih teruus aja) :D. Karena diem lama di airoport jadinya mengamati orang yang lalu lalang. Dari tadi liat banyak rombongan students, yang pada pake seragam olahraga, mungkin utusan tim apa gitu lah dari sekolahnya, ada juga yang tulisan rombongan Program Ambassador, People to People, tapi banyaknya sih itu, serombongan siswa, biasanya segrup cewek atau cowok semua, pake seragam olahraga sama. Mungkin karena lagi libur juga kali ya, jadi ada kompetisi antarstate di Australia (wakakak … sotoy banget nih ambil “kesimpulan”, biasalah KSB). Eh ada juga tuh serombongan anak cewek, pada duduk melingkar, ketika dilihat, ternyata lagi main kartu (hohoho … did it ring a bell, mike, yeyen, mbak ema??)
Oh ya, di Oz kan lagi winter nih, tapi di Sydney sekarang cuaca cerah … sunny … suhunya lumayan anget, mungkin di atas 10 °C. Kalo di belahan bumi utara, suhu segitu mungkin saat musim gugur atau semi kali ya. Tapi jadinya enak juga sih kalo buat orang tropis, gak terlalu dingin. Orang-orang di bandara apalagi gayanya macem-macem, bahkan ada yang pake celana pendek, tank top, kaos pendek biasa, wuih bener-bener gak kaya winter deh.
Now, it’s almost 10 a.m Sydney time, still waiting for my flight to Adelaide (1162 km from Sydney). I’ll continue my article later.

-Tulisan berlanjut nih, sekarang sudah tiba di rumah sementara di Daisy Avenue, Adelaide-

Nah, boarding time at 10.45. Flight to Adelaide at 11.05, pake Boeing 747, ah lumayan nih ada inflight entertainment-nya, biasanya kan di pesawat jenis 747 gak ada. Perjalanan dua jam lebih dari Sydney ke Adelaide (1026 km) Alhamdulillah lancar. Tiba pukul 1 p.m waktu Adelaide (beda setengah jam ma Sydney). Bandaranya kecil, baggage claim-nya udah masuk area luar, campur baur sama yang jemput. Nunggu bentar sampe dijemput sama Bu Wur, tempat aku nebeng untuk temporary accommodation. Abis itu lanjut pake mobil ke Daisy Avenue. Wuih, kaya desa tapi modern (jalanan sepi banget, fasilitas umum bagus, rumah2 teratur rapi), no traffic jam. Mungkin juga karena hari sabtu orang-orang lagi libur, jadi sepi banget.
Istirahat, mandi, makan, tidur, karena di pesawat gak bisa tidur sama sekali. Trus sms sana sini, kasi kabar udah tiba dengan selamat, Alhamdulillah … gak kerasa pulsa udah mau abis, roaming :sigh: Bu Wur kasi tau kalo mau internetan pake wi-fi kok, tapi kok gak bisa connect yaa?? Hiks kenapa?? Laptopku pake windows asli kok, tapi tetep gak tau kenapa nih, gak bisa connect. Yaa sudahlah, tidur aja!

4 Juli 2010
Minggu pagi, sarapan bareng, setelah itu jalan-jalan sendirian sambil jogging. Ya ampun, beneran sepi banget. Cocoklah, karena niatnya emang mo sekolah bukan mo maen :P. Udaranya seger, gak terlalu dingin (lebih dingin waktu ke Berlin November tahun lalu), winter di Adelaide sih gak terlalu dingin, cuaca cukup bersahabat, ceraahhh dan yang penting gak berangin!!! However, kalo lagi badai, dingin, hujan, dan anginnya kenceng juga tuh (kebalikan winter yang gak terlalu dingin, katanya kalo summer panas-nya ampun-ampunan deh). Lanjut jogging … lho .. lho … baru bbrp ratus meter kok dah ngos-ngosan ya? Padahal biasanya 4km kuat, yaa ini pasti gara-gara dua minggu sebelum pergi udah gak pernah olahraga lagi, jadinya stamina drop banget! Akhirnya, jalan doank. Eh nemu tempat namanya “Parkholme Shopping Center” deket banget … gawat nih udah nemu shopping center aja, :getok: :getok: gak boleh belanja, udah bawa banyak barang dari Indonesia.
Akhirnya kembali ke rumah. Bengong mo ngapain, hiks ini belum bisa internetan juga :(. Well, I have an idea, watch DVD (great idea in the last night of my roommate @atut and I together, back up some good DVDs LOL ). Kebetulan yang ada di harddisk “Whip It”, then I found a great quote “Cause shoes are a gateway drug” (Bliss Cavendar – Whip It) … :D LOL … see, that’s why we (girls/women) love shoes! It’s 10.30 a.m here, rasanya waktu berjalan lambat sekali (sambil membayangkan kalo di Jakarta pasti udah keliling istora di Pesta Buku Jakarta 2-11 Juli) hrrgg … sudahlah! I’m in Adelaide now, starting a new life, forget and forgive my past :sigh:

4 comments:

  1. wah, aku belum pernah ke sana. pengeeen...baru ke Sydney dan melbourne aja.

    ReplyDelete
  2. Hehehe ... Adelaide sih sepi Mbak, tapi bagus kok tempatnya :) Banyak objek menarik :D

    ReplyDelete
  3. Hope that you'll happy in Adelaide Lies.... Will visit you for sure :)

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)