Harga Agya

Akhir tahun 2012 ini dunia otomotif Indonesia bergairah dengan adanya mobil murah, lalu berapa harga Agya ? mobil Toyota ini dalam duetnya dengan Daihatsu mengusung tag dengan kata diambil dari bahasa sansekerta yaitu Agya dan Ayla yang berarti Cepat dan Cahaya.

harga agya

Sebetulnya sampai saat ini belum ada harga fix untuk mobil Toyota Agya ini. Hal ini dikarenakan pihak pabrikan tidak mau mendahului keputusan pemerintah terkait peraturan mobil murah dan ramah lingkungan.atau LCGC. Peraturan pemerintah ini akan berakibat pada murahnya harga mobil ini.

Harga Agya
harga agya

Jadi perlu diketahui bahwa murahnya mobil ini bukanlah karena material nya yang murahan tetapi karena pajak yang sangat ringan, Sebelum ini pajak mobil di Indonesia dikenakan pajak barang mewah karena itu harga mobil menjadi cukup mahal. Nah dengan aturan ini maka harga mobil bisa menjadi murah.

Delivery dijadwalkan bulan Jan-Mar 2013
harga agya
harga agya

Kenapa pemerintah memberi insentif pajak untuk mobil? karena mobil yang masuk kateogri LCGC akan menghemat konsumsi BBM bersubsidi (dimana 1 liter minimal 20 km bandingkan dengann umumnya mobil yang 1 liter =12 Km).

Kemudian kandungan lokal mobil LCGC harus tinggi sehingga mengurangi arus uang keluar karena import dan membuka lapangan kerja didalam negeri.

Sementara ini "harga agya" perkiraanya adalah sebagai berikut
Type E berkisar 80-95 juta
Type G berkisar 95-105 juta
Type TRD- S (sporty berkisar 105-120 juta

Buat peminat mobil yang sebelumnya selalu membeli mobil second, maka dengan kehadiran mobil ini menjadi berminat untuk mempunyai mobil baru, atau sering disebut mobil entry level. memang harga agya ini membuat orang jadi ingin membeli mobil baru :)