Karimun Jawa : Tips dan Tricks To Travel

Merencanakan Perjalanan ke Karimun Jawa :

1. Tentukan berapa hari punya waktu, kemudian cek jadwal kapal penyeberangan ke Karimun Jawa baik dari Jepara maupun Semarang.

Kalo dari Jepara -- ASDP Jepara : (0291) 591 048
Pesan tiket KMP. Muria
VIP (sekitar Rp 48 atau 50 ribu) bisa by phone, kalo mau go show (gak pake acara pesen) dapetnya kelas ekonomi (Rp 30.500). Perjalanan pake ferry 6 jam (Jarak Jepara - Karimun Jawa = 41 mil laut).

Kalo dari Semarang : dari Pelabuhan Tanjung Mas pake Kapal Cepat Kartini (sekitar Rp 130.000) dengan lama perjalanan 3 jam.

Kalo mau cepet ya pake pesawat kecil dari Semarang ke Bandara Dewadaru Karimun Jawa, tp mahaaaallll.

2. Pesan tiket bis atau kereta. Bis Jakarta-Jepara ada dari Lebak Bulus dan Pulogadung. Kemarin kami naik Bis Nusantara AC (Rp 125.000) sudah termasuk satu kali makan. (No. telp Bis Nusantara keberangkatan dari Lebak Bulus : 08151862354). Kalo kereta Jakarta - Semarang, macem2 mulai dari : Senja Utama Semarang (kelas bisnis dari St. Senen Rp 100.000), atau Argo Muria dan Argo Sindoro (dari Gambir lebih dari Rp 250.000). Tiket Kereta bisa pesan by phone di : 121 atau 021 - 21391121

Atau kalau mau cepet, bisa naik pesawat ke Semarang (yaaa ... kalo ini sih over budget :P )

3. Pesen penginapan via phone juga, banyak banget penginapan di Karimun Jawa, mulai dari homestay di rumah penduduk sampe hotel dan resort mahal. Kemarin nginep di Hamfah Homestay Rp 95.000 per malam per orang (ngitung per orang bukan per kamar) sudah termasuk 3 kali makan.

Web pariwisata Karimun Jawa -- Klik aja di sini :
http://www.central-java-tourism.com/desa-wisata/in/karimunjawa.htm

4. Buat itinerary dan perkiraan biaya. Harap dicatat : di Karimun Jawa ga ada ATM, jd bawa uang CASH!

5. Untuk sewa perahu biasanya dibantu oleh pemilik Homestay, mulai dari Rp 350.000 perhari, bisa untuk 10 orang (karena kemarin kami cuma bertiga dan ga mau gabung rombongan lain, jatuhnya agak mahal deh).

5. Beri tips untuk guide/tukang perahu (sekitar Rp 75.000 per hari).

6. Sewa alat snorkeling (dari Homestay, mulai Rp 25.000 per hari).

7. Have fun, jgn lupa bawa sunblock, suncream etc, biar kulitnya ga seperti Trio Kwek-Kwek yg berubah jd merah2 hitam kebakar, saking panasnya di pantai.

Selamat jalan-jalan .... Welcome to Karimun Jawa!



12 comments:

  1. waah... asyk nich.... kapan2 main kesana ackh.. :D

    ReplyDelete
  2. yang akan datang ke mana lies?...gobek samudra pwt? kalo ini ga perlu bawa sunblock....cukup bawa tissue

    ReplyDelete
  3. Wah ada Mbak Esti :)
    Boleh juga tuh ke pwt, sip deh apalagi mau dijamu gobek samudra ... hmmm yummy :D, gak sabar pengen versi panggangnya Mbak :P

    ReplyDelete
  4. seneng ya bisa bacpacking... aku pernak ke jepara beberapa kali tapi karena alesan studi sih... jadi pengen nyebrang ke karimunjawa. kalo cuma sabtu-minggu
    btw...lam kenal^^

    ReplyDelete
  5. wah senang ketemu blog ini! thanks tipsnya yaa....

    ReplyDelete
  6. 3 tahun kuliah di semarang, pingin ke karimunjawa, malah tembus ke surabaya.
    terus berangkat lagi malah nyasar ke solo. gak sampai di situ, berangkat lagi malah sampai di purwodadi...
    nyasarnya kebangetan kan...:D

    ReplyDelete
  7. Other suggestion to Jepara from Jakarta :
    Naik bis BEJEU dari terminal Lebak Bulus, tapi baiknya telpon dulu ke Pak Asnawi 081325409908 atau Pak Lukman di 085292267409, harganya 110ribu utk weekdays, 120 ribu kalo weekend. Bisnya nyaman banget, toilet didalam, AC, TV LCD, makan satu kali, dapet snack, ada coffee express, dan ada sinyal wifinya. hehehe. aku minggu kemarin abis coba. ^_^

    ReplyDelete
  8. kira2,kisaran budget yg dibutuhkan brapa ya gan???

    ReplyDelete
  9. @ Chandra, kisaran budget kurang lebih Rp 1,1 juta. Bisa kurang lho, karena kami kemarin pergi cuma bertiga (mahal untuk sewa perahu) kalo pergi lebih banyak orang, sewa perahu lebih murah, jd budget bisa berkurang lagi :)

    ReplyDelete
  10. gue binguuuunggg... pengeeen deh kesana liburaaaan. seeetttt... paketnya yg gue bingung. kirimin link dong ke fb gue olimillo temtang paket2nya disana.

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)