Karimun Jawa (2) : A Heavenly Dream

Part 1-nya di sini ya :D.

Minggu, 14 Maret 2010

Sekitar pukul 5 pagi bada subuh, Trio Kwek-Kwek diantar Pa Arif naik motor keliling pulau berencana melihat sunrise. Pulau masih sepi, pantainya juga sepi banget, hanya kami berempat yg menikmati suasana pagi, namun matahari sedikit tertutup awan.

Pukul 06.15 kami kembali ke Homestay, dan sudah tersedia sarapan. Pukul 07.30 menuju dermaga, menyewa satu perahu (milik Pa Anto dan Pa Dikin) untuk berkeliling pulau2 kecil di bagian barat Karimun Jawa seharian.

Perahu "Pesona Bahari" yang kami sewa

Tujuan pertama adalah Pulau Cemara Besar, Tanjung Gelam, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil. Huaaa ... subhanallah ... terumbu karangnya indah banget, bermacam-macam ikan berwarna-warni. Ikan berwarna biru, kuning, hijau, pink, merah, ikan emo (clownfish) dll. Terumbu karangnya luas dan indah (bahkan kt 1 anggota Trio Kwek-Kwek yg pernah ke Phuket, terumbu karang di Karimun Jawa jauh lebih indah drpd di Phuket, tp kata 1 Trio Kwek-Kwek lain yg pernah ke Bunaken, di sana lebih indah). Seharian itu kami keliling berenang dan snorkeling (dipandu Pa Dikin) dari satu pulau ke pulau lain, pasirnya bener2 putih lembut. Wah pokoknya hari itu puas banget, berenang, snorkeling, main pasir … kami baru kembali ke Dermaga pukul 17.30.

Pulau Cemara Besar

Malamnya kami keliling Karimun dan berhenti di Alun-alun sambil lesehan. Ternyata sedang ada "layar tancap" di depan kantor Kecamatan (tp sekarang "layar tancapnya" pake infocus) dan film yg diputer salah satu film Indonesia yg masih cukup baru (kalo gak salah judulnya "Calo Presiden", ga tau deh, Trio Kwek-Kwek jg blm nonton). End of 1st day.

Senin, 15 Maret 2010

Trio Kwek-Kwek spt biasa memulai hari pukul 5 pagi setelah subuh, jalan2 pagi. Melihat anak2 kecil ngaji di mushola/masjid subuh2 mengingatkan 1 Trio Kwek-Kwek pd masa kecilnya dulu. Subuh itu kami ke pasar, melihat pasar tradisional di Karimun Jawa, rame, berbaur antara penduduk lokal dengan "turis2 lokal sok gaya" melihat banyak dagangan ikan2 segar, tp ga ada sayuran, krn sayur mesti "impor" dr Jepara. Kami jajan kue2 tradisional, kalap banget deh liat jajanan itu. Kembali ke homestay sktr pukul 6, liat bule balik dari pasar jinjing pisang sambil jalan dimakan juga tuh pisangnya.

Suasana pagi di Pasar Karimun Jawa

Kayanya Kecamatan Karimun Jawa merupakan Kecamatan teraman di Kepulauan Jawa. Semua penduduk ninggalin kunci motornya begitu saja tergantung di motor, di manapun: baik di halaman rumah, di pasar, atau di pelabuhan. Ya iyalah, kalo mau nyuri, semua penduduk desa saling kenal satu sama lain, trus kalo ada yg merasa kehilangan motor, cegat aja di Pelabuhan, emang ga ada tempat buat sembunyi, mau lari kemana :P. Bahkan kalo ada barang turis yg tertinggal, misal jam tangan, penduduk yg menemukan, bakalan berkeliling ke setiap homestay/hotel.

Pukul 8 pagi kami kembali sudah siap di dermaga untuk memulai petualangan hari kedua. Hari ini tujuannya adalah kepulauan bagian timur Karimun Jawa diantaranya Pulau Sintok, Pulau Cilik, Pulau Tengah, dan Pulau Gosong. Waaahh terumbu karangnya sama bagusnya dengan lokasi kemarin. Sayangnya hari kedua ini hujan, jdnya ketika di perahu dingin banget. Alhamdulillah ujannya gak seharian, jam 11 juga dah reda. Apalagi 1 Trio Kwek-Kwek yg kerja di BMG udah ky prakiraan cuaca berjalan, tiap kali liat awan ujan, dia prediksi cuaca. Sekitar pukul 13, kami berlabuh di Pulau Cilik, parkir perahu di dermaganya bayar 30ribu, karena udah ada yg punya. Kami membuka bekal makan siang di sana. Setelah itu tanya toilet dimana ya? Eeeh salah satu bapak tukang perahu bilang, "wah toiletnya dikunci Mbak, kuncinya ketinggalan di Pulau Tengah. Kalau mau di laut aja Mbak." Haaahhh??? gubrag! Payah deh. Sisa siang itu 2 Trio Kwek-Kwek hanya bermain-main pasir (kelelahan untuk berenang dan snorkeling) sedangkan 1 lagi masih tetep snorkeling. At 5 p.m. kami kembali ke dermaga, dan malamnya jalan2 ke toko suvenir. End of day 2.

Terumbu karangnya indah banget, sayang kami gak punya underwater camera

Selasa, 16 Maret 2010

Hari ini kami akan meninggalkan Karimun Jawa. Pukul 6 pagi Trio Kwek-Kwek jalan kaki ke Dermaga sambil menikmati alam Karimun Jawa terakhir kali. Kami buru2 beli tiket kapal dan ngetek tempat, maklum kelas ekonomi, siapa cepat dia dapat. Pa Arif nganterin bekal sarapan dan makan siang buat di Kapal.

Pukul 8 KMP Muria mulai berlayar meninggalkan Pelabuhan Karimun Jawa. Penumpang hari ini tetep penuh, walaupun gak sepenuh saat berangkat, tp tetep byk yg gak dpt tempat duduk, trmasuk bbrp turis bule gak dpt duduk :D. Byk juga romobongan yg perginya sabtu kemarin, pulang juga selasa ini, salah satunya rombongan Kaskus yg ribut di belakang kami, mungkin ada sekitar 40 orang, jelas aja Trio Kwek-Kwek kalah suara. Perjalanan pulang selalu terasa lebih cepat, jdnya ga terlalu mati gaya selama 6 jam di kapal. Pukul 14.00 kapal tiba di Pelabuhan Jepara.

Kami naik beca ke Masjid Agung Jepara, kemudian ke Museum Kartini di sisi utara Alun2, yang ternyata buka, walopun hari itu tgl merah hari nyepi. Tiket masuk Museum Kartini hanya Rp 1500. Setelah keliling museum kami ke Terminal Bis Jepara, naik bis ke Semarang (Jepara – Semarang kurang lebih 74 km). Parah, bisnya penuh sesak, persis metromini dan kopaja, pdhl rutenya cukup jauh melewati Demak (akhirnya aku melihat Masjid Agung Demak yg bersejarah itu). Untunglah kami naik dari Terminal Jepara sehingga dapat duduk, walaupun terdesak orang-orang yang berdiri.

Masjid Agung Jepara

Museum Kartini, Jepara

Perjalanan bis dr Jepara ke Semarang benar2 pengalaman buruk buat Trio Kwek-Kwek. Tiba di Semarang pukul 18.00, kami beli nasi goreng babat di Jln. Gajah Mada buat makan malam di kereta. Berada di Semarang benar2 meningatkan pd perjalanan ke Semarang hampir setahun yang lalu. Setelah bungkus nasi goreng, langsung ke Stasiun Tawang untuk naik kereta Senja Utama Semarang pukul 20.00. Tiba di Jakarta (Rabu, 17 Maret 2010) pukul 04.30 subuh. End of the journey.

1. pemandangannya bagus, hla mana foto kamu apa yang pakai baju merah ya

2. Hi, ada award buat kamu. Ambil di sini http://slusman.blogspot.com/2010/05/award-dari-jessie.html

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)