Welcome to Berlin

Tulisan bagian kedua, bagian pertamanya di sini!

Sonntag, 15 November 2009


Akhirnya diriku menginjakkan kaki di tanah Jerman, memulai perjalanan sepuluh hari. Udara dingin langsung menerpa, karena saat itu lagi musim gugur, suhu rata-rata di bawah 10 °C. Kami naik bis TXL dari Flughafen Tegel. Bayar bis-nya langsung ke supir, eh supirnya ngira aku mau beli tiket yang € 2,1 untuk short trip (Bulan November 2009, € 1 = Rp 14.150 – Rp 14.300). Aku udah dikasi tau temennya temenku yang tinggal di Berlin untuk beli tiket satu hari € 6,1, sehingga aku bilang ke supir bis itu, “No … no .. one day ticket” (sambil angkat satu jari). Percuma, supirnya gak ngerti :P. Di belakangku Pa D masuk, bilang “eines Tages bla bla bla ”, baru deh Pa Supirnya ngerti. Aaahhh, sweatdrop!



Jalanan relatif kosong, agak sepi. Pa D bilang kalo hari minggu, rata-rata kota di Jerman kaya kota mati. Kami turun di Beusselstrasse, naik S-Bahn ke Schonhäuserallee, masih sambung U-Bahn ke Eberswalder Str. Dari sana jalan kaki sampe ke Hostel di Pappelallee (kalo disuruh ke sana lagi, dijamin masih inget deh jalannya :P). Naik - turun bis dan subway serta harus lewat tangga sambil gusur koper, berat juga, sehingga akhirnya kami tukeran koper. Aku bawa kopernya Pa D yang beratnya cuma setengahnya koperku :blushing:. Sampe di Hostel langsung mandi (seger banget, karena udah hampir 24 jam di perjalanan).


Pengalaman konyol di kamar mandi : begitu mau mandi, lah ini showernya kok gak nyala?? Udah putar-puter kerannya kesana-kemari. Beeuuu, udah pusing aja. Sampe liat tanda samar-samar (gambar tangan) di showernya ada tulisan “more water”. Ach so, jadi pake sensor tangan toh. Aku coba deh, lewatkan tangan ke situ, langsung keluar airnya -asal badan kita tepat di bawah shower itu-, nanti berhentinya juga otomatis. (ampuunnn … gagap banget nih :blushing: , yaa mungkin beginilah kalo jadi “Nyi Iteung Saba Kota”, maklum di kampung gak ada yang kaya begituan :P).


Selesai mandi inginnya langsung tidur. Lelah sih nggak, tapi yaa I needed to sleep, but I couldn’t. Pa D nge-sms udah jalan-jalan sendiri, katanya sayang kalo tiketnya gak dipake. Aku masih nunggu sampe kira-kira jam 4 sore, dijemput dua orang Indonesia yang lagi di Berlin. Akhirnya kami bertiga jalan-jalan. Pertamanya sih ditunjukin supermarket terdekat, terus warung kebab. Jadinya kami makan dulu, saat itu pesen “Durum” (kebab Turki) wuiih gede banget, cuma habis setengahnya atau bahkan mungkin sepertiganya (sampe hari terakhir di Jerman pun gak pernah habis kalo makan kebab). Gak lupa juga buat beli simcard Jerman (€ 10). Setelah itu survey cari tempat kursusnya, naik U-Bahn turun di Senefelderplatz, cuma satu halte aja, sebenernya bisa jalan kaki. Saat itu aku sempet nanya, kok Berlin agak kotor ya? (karena melihat agak banyak sampah berserakan di stasiun2 yang aku lewati). Kata mereka, karena dulunya bagian-bagian yang aku lewati itu masuk Jerman Timur, trus Berlin juga penduduknya paling padat se-Jerman, dan banyak imigran dari Eropa Timur. (So?) See … Intinya : beberapa bagian di Berlin agak kotor, tapi yaa jangan bandingin ma Jakarta hehehe …



Langit mulai gelap (jam 5 sore udah gelap) dan udah kerasa dingin banget, tapi tetep donk keliling sebagian Berlin. Pertama, kami mengunjungi Reichstag (Bundestag) parlemennya Jerman. Oh ya, masuk Reichstag GRATIS :D (gratis tuh sama aja, mau Bahasa Indonesia/Belanda/ English/Deutsch -atau bbrp bahasa lainnya- = GRATIS, karena asalnya dari Bahasa Latin gratia, liat aja di kamus :D). Untuk masuk ke dalamnya harus antri dan melewati pemeriksaan yang mengharuskan buka jacket, hooo dingin euy. Beres pemeriksaan, kami naik lift ke kubah transparan, dari atas sana bisa melihat ke ruangan sidang parlemennya. Dari kubah Reichstag itu juga bisa melihat seluruh penjuru Berlin, tapi karena udah gelap, jadinya gak terlalu jelas. Selesai dari Reichstag, jalan ke Brandenburger Gate, dan Potsdamer Platz (ada Legoland , Museum TV dan Film, trus ada Sony Center). Sayangnya karena udah gelap, foto-fotonya gak bagus. Later, aku mengunjungi lagi tempat-tempat tersebut saat siang hari, jadinya bisa melihat lebih jelas dan gak terlalu terganggu cuaca dingin. Swear, dingin banget kalo malem, padahal udah pake sarung tangan, sweater, jaket; sementara dua orang itu, nyantei aja, jaketnya biasa aja. Karena udah semakin malam, temenku nganterin sampe di Stasiun Mendelssohn-Bartholdy-Park terus aku pulang sendiri ke Hostel.



Oh ya, temenku bilang, di Sony Center ada satu-satunya bioskop di Berlin yang muter film Hollywood pake Bahasa Inggris, karena bioskop lain di Berlin semua filmnya di-dubbing ke Bahasa Jerman :D. They really love their Deutsch, don’t they? Trus, aku juga pernah liat TV sekilas di kamar Hostelnya temenku, sepertinya sedang nayangin film Jennifer Anniston (gak tau judulnya apa) dan di-dubbing ke Bahasa Jerman … yuk mariii … So, karena di kamar hostelku gak ada TV, it wasn’t a big problem at all, karena mo nonton TV pun gak ngerti :D.


Di hostel masalahnya sama : gak bisa tidur hiks … hiks …. Akhirnya sms keluarga di Indonesia dan temen-temen, gak peduli deh walo di Indonesia udah tengah malam atau bahkan menjelang dini hari.


First day in Berlin :


  1. hmmm … dingin tapi udaranya seger (tingkat polusi udaranya sepertinya rendah)
  2. belum terbiasa dengan arah lalu lintas yang kebalikan dari Jakarta (jalannya di kanan). Uh ternyata ini problem SAMPE AKHIR PERJALANAN, masih tetep kalo liat jalan di kiri. Sampe sering berkata dalam hati, pas nunggu bis, kok itu bis gak berhenti yaa?? Ya iyalah, itu bis ada di seberang, yang aku tunggu datang dari arah berlawanan (dialog sendiri dalam hati :D). Konyol dan a ‘lil bit stupid, untung gak sampe nanya ke orang, kenapa itu bis gak berhenti? :LOL:
  3. gak bisa tidur, terrible! Ini juga problem SAMPE AKHIR PERJALANAN!

14 comments:

  1. asyik banget mbak perjalannya.. kayaknya mb laisya sering banget ya jalan2 keliling dunia..

    ReplyDelete
  2. @ Mbak Anna : hehehe ... gak sering kok Mbak, itu baru sekali aja :)

    ReplyDelete
  3. Meskipun agak gagap di toilet, mbak Lies bukan kaya Nyi Iteung saba Kota
    Tapi Kaya Laisya saba Berlin
    he..he

    hebaaattttt

    ReplyDelete
  4. berarti jaman badai storming itu dirimu ga disana ya mbak, syukur deh

    kalau mau tiket murah, cari aja tiket gratisan aka numpang wkwkwk

    rumah teh echi penuh sama nabil tuh, nda ad tempat nginep selain di kamar mandi *pitnahhhhh

    ReplyDelete
  5. Aku dulu ke Jermannya ke Dusseldorf, yg ternyata lebih bersih dari Berlin. Kapan jalan2 lagi, Lies?

    ReplyDelete
  6. seru bangeet. jadi inget wkt melancong. dingin tapi asik kan? soal shower yg otomatis, aku pernah ngalamin juga tapi itu di toilet KA ekspress di Paris. hi hi hi...

    ReplyDelete
  7. berkunjung kesini udah seperti melihat Berlin

    ReplyDelete
  8. Wah.., dah sampai Berlin mbak..? Hebat...
    Seru juga ya pengalamannya...

    BTW.., senang ketemu lagi mbak.. setelah sekian lama. Miss you much...

    ReplyDelete
  9. Wah di jerman ternyata ada Tegal, okelah kalau begitu
    Flughafen tegel to? bukan tegal he he
    Kapan ya aku ke Tegal? eh Tegel ding.....

    saya udah dari kemarin bacanya cuma jnet saya lagi lelet
    Kalau suhu dingin mandinya gimana ya..?

    ReplyDelete
  10. salam sobat
    wah ajak2 dong mba,,kalau ke Berlin,,
    saya belum pernah nich,,
    salam kenal.

    ReplyDelete
  11. Itu jalan jalannya pas fall ya mbak, pohonnya sebagian sudah brundul hehehe...
    Nunggu lanjutan liputannya :)

    ReplyDelete
  12. Wah, baca tulisan Laisya terasa udah jalan-jalan ke Berlin juga. Hehe...

    ReplyDelete
  13. mau....mau...
    hahaha

    suatu saat nt sy bkal jln2 ke eropa. hihi
    amin..

    ReplyDelete
  14. wuih seru ya travelnya. hebat mbak udah melancong ke mana2,,saya mah baru nyangsang ke tempat yg deket2 aja,,hee.

    kapan ya bisa ke jerman?! :p

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)