Berlin : The Beginning

This is another journey from the past, 14-25 November 2009.

I got a scholarship to attend one week course/seminar in Berlin, Germany. Gee, I was very happy when I obtained the notification letter. It was amazing, unbelievable! Siapa yang gak seneng, pertama kali ke Eropa, gratis pula :D, dan terlebih lagi sebelumnya aku pernah apply untuk course ke Jepang, 2 kali, tapi dua-duanya fail. Makanya ketika dapet kabar kalo yang ini lolos, seneng banget. Saat itu tak henti-hentinya kupanjatkan rasa syukurku, Alhamdulillah.


Yaa jadilah akhir oktober (awal November) sibuk urus-urus visa dan ijin kantor. Ternyata urusan visa lumayan ribet juga :sweatdrop: Alhamdulillah, visanya granted!


Saat itu, pihak penyelenggara tidak memberi tahu ada peserta lain dari Indonesia, sampai kira-kira H-2, ternyata ada 3 peserta dari Indonesia, tapi yang satu visa-nya gak granted, jadi gak bisa pergi (sedih banget ya). Akhirnya participants dari Indonesia hanya berdua, aku dan seorang Doktor dari BPPT. Participants lainnya dari Malaysia, Thailand, China, India, Chile, dan Brazil. Seminarnya mengenai “Biogas : Life Cycle Development Strategies”.


Tibalah D-Day, 14 Nov 2009. Flight-nya ternyata gak bareng dengan Pa Doktor, jadinya pergi sendiri. Dari Cengkareng at 5.30 p.m pake Singapore Airlines, transit di Singapore. Wah ke Changi lagi, within two weeks, gaya banget sih hehehe … Begitu antri boarding pass di Changi, dua orang di depanku masih orang Indonesia, yang satu seorang Ibu yang kerja di KJRI di Marseilles, yang satu lagi seorang Bapak yang mau ke Stockholm.


Transit di Changi hampir 3 jam, jadinya keliling2 di Terminal 1. Cari mushola (Prayer Room), ternyata ada di Gate C, lumayan deh jalan jauh dari Gate D ke C. Prayer Room-nya bukan cuma buat Muslim, semua orang dari agama apapun boleh menggunakan ruangan itu. Well, pas aku ke sana lagi ada seorang perempuan (agamanya entah apa, tapi dia sedang duduk bersila di pojok ruangan). Sepi banget, soalnya letak Prayer Room emang di lantai bawah, tidak dilewati lalu lalang orang.


Selesai sholat, karena waktunya masih lama, sempet pake fasilitas internet gratis di Changi, dibatasi 15 menit doank, abis itu, mesti log-in lagi. Rame banget di Changi (tuh orang-orang pada mau kemana ya? :P), yang online ngantri juga, walopun onlinenya sambil berdiri lho :D . Selesai ber-internet ria, jalan deh ke Gate D. Wah ternyata antrian sudah panjang. Aku menjadi orang paling pendek yang terselip di antara bule-bule jangkung, bener-bener minoritas deh. Paspor dilihat-lihat dan sempet ditanya-tanya keperluan apa ke Berlin, tapi gak ribet sih, cuma ditanya doank. A week later, temenku yang dapet beasiswa juga, tapi untuk kursus yang lain, sempet dapet masalah sama petugas Singapore. Lagian rese amat sih katanya tuh orang Singapore-nya, cuma transit aja tapi ditanya-tanya ribet banget (temenku sampe jadi orang terakhir yang naik ke pesawat).


Flight dari Singapore ke Amsterdam dari at 9.30 p.m Singapore time, pake KLM. Di pesawat gak bisa tidur, hiks, asem banget deh! Mau dipaksain nonton film atau dengerin music lagi gak mood (ya iyalah malem, tengah malem malah, pengennya tiidduurr!!), akhirnya cuma liatin layar monitor di depanku dan nonton cara transfer di Schiphol hehehe, maklum beginner :P. Terbangnya berapa jam ya? Sekitar 13 jam mungkin ya, tau ah, Lupa! Pokoknya sampe Schiphol, Amsterdam hampir pukul 04.30 subuh. Keluar dari Gate E, mesti menuju ke Gate D. Lagi-lagi jalan lumayan jauh, oh ya disini sempet ketemu lagi dengan Bapa yang mau ke Stockholm dan ngobrol bentar. Setelah itu, melewati pemeriksaan paspor dan visa, ngantri juga tuh subuh-subuh di imigrasi. Alhamdulillah lancar, gak ditanya macem-macem, tapi dari ujung kepala sampe kaki diraba-raba sama petugas imigrasi (perempuan tentunya :P). Bahkan kepalaku (entah karena berjilbab atau apa) sampe diremas-remas. Yaelah Buuu … emang mo nyembunyiin apa di kepala hehehe … (eh banyak denk yang tersembunyi di isi kepala :P).



Lewat dari imigrasi, cari tempat buat tidur. Wah nemu tuh lounge dengan kursi panjang buat kaki, enak kali kalo tidur … pemandangannya menghadap runway, langit masih gelap. Coba selonjoran kaki terus tidur, tapi teuteup gak bisa tidur, hrrgghhh … (ih ini bukan gw banget gitu lho, sejak kapan gw susah tidur??) Akhirnya Cuma meremin mata aja sambil nunggu subuh (oh ya subuhnya saat itu jam 6 pagi). Sebenernya di Schiphol ada meditation room (prayer room) untuk semua agama juga, tapi karena jauh, akhirnya gelar sajadah di samping kursi.

Flight ke Berlin jam 8.50, jadinya aku masih nunggu di kursi itu ketika ada dua orang Bapa2 berbicara Bahasa Indonesia, wuiiih seneng banget. Akhirnya aku tanya aja, ternyata yang satu mau ke Perancis (lupa kota mana), yang satu lagi langsung pergi, jadi gak tau mau kemana. Eh ternyata Bapa itu bilang kalo dia satu pesawat dari Malaysia ke Schiphol dengan Pa Doktor dari BPPT itu. Akhirnya sms-an deh sama Pa Doktor (aku singkat Pa D aja deh), dan ketemu di Gate D, menjelang flight ke Berlin.


Cuaca saat itu cerah. Dari pesawat terlihat banyak banget lapangan bola di Berlin. Sekitar sejam kemudian (kurang lebih pukul 10 tanggal 15 Nov 2009) tiba di Tegel, Berlin. Wow, it was a dream come true. Bandara Tegel tuh kecil banget lho, ketika keluar dari Tegel, ternyata gak ada lagi pemeriksaan paspor, karena udah di Schiphol (gerbangnya Uni Eropa). Aku bersyukur banget begitu sampe di Berlin bareng Pa D, karena I speak no Deutsch at all, sementara Pa D bisa "sedikit" karena dulunya Doktor sandwich program di UI dan Muenchen.



Pengalaman konyol di Tegel : ketika mau ambil troli, lho kok susah? Kok gak bisa? Bingung! Nah saat itu Pa D liat aku yang lagi narik2 troli, kemudian dia bilang, ini mesti pake coin, di sini sih gak ada yang gratis. Aku Cuma bisa bilang “oooo …” :malu: :blushing: (yaa di Schiphol kan troli-nya gak usah pake coin :D).

So, the journey began!


6 comments:

  1. huaaa, wanna go to germany.
    Ya ampuuun trolly aja pake koin hihi.
    salam kenal yaaa mba :)

    ReplyDelete
  2. ya ampun... berani bener mbak pergi jauh sendirian.. kalo saya gak berani mbak... :)

    ReplyDelete
  3. Weh mau donk jalan jalan ke Eropa...oleh olehnya masih ada ga? hehehehe
    Iya mbak, disini juga gitu trolinya pake koin, biar aman dan teratur

    ReplyDelete
  4. aku pernah ngalamin hal sama. narik2 troli, gak taunya mesti byr. kejadiannya di roma tuh. hehehe

    ReplyDelete
  5. Hebat benar.... bisa berangkat ke Berlin sendiri lagi..!

    ReplyDelete
  6. lies,selamat ya mimpi2mu terwujud, semoga mimpi lain menyusul , terutama menemukan belahan jiwa...amin. rina tea. sory pake akun suami, akun ku gak bisa

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)