Holiday Travel (Part 6) : Lampung – Jakarta … TAMAT

Ahad, 4 Januari 2009

Tidaaaakkkk….akhirnya liburan harus berakhir juga nih :sedih mode on: Yaa…tapi mesti gimana lagi, besok mesti beraktivitas seperti biasa, kembali ke rutinitas.

Pagi-pagi dah siap tuh. Sekitar pukul 9 kami pergi meninggalkan tempat Mbak Esti, berpisah dengan suasana laut yang menyenangkan. Makasih banyak buat Mbak Esti (maaf ya Mbak udah ngerepotin, semoga gak kapok kalo nanti kami datang lagi berkunjung), Eka, Bu Ani, Teh Ela …

Kami bertiga naik ojek menuju jalan raya sejauh 7 km dan menunggu bis untuk ke Bakauheni dari sana. Ternyata bisnya pada penuh apalagi bis AC penuh banget. Akhirnya kami naik bis ekonomi, bisa duduk sih, tapi panas banget karena memang cuaca lagi terik-teriknya tuh. Perjalanan ke Bakauheni dari Kota Dalam sekitar 2 jam. Jalan masuk menuju pelabuhan agak tersendat, macet, mungkin karena itu arus balik setelah liburan panjang juga.

Tiba di Bakauheni kami membeli tiket ferry menuju Merak. Harga tiketnya murah, Rp 10.500, yaa tentu saja kelas ekonomi. Nama kapalnya KM Mentari Nusantara. Sebenarnya agak was-was juga sih naik semua moda transportasi di Indonesia, apalagi angkutan laut, teringat tenggelamnya kapal (apa ya namanya lupa?) dari Sampit menuju Surabaya. (Dan beberapa hari kemarin ada dua kapal tenggelam di sekitar perairan Majene, Sulbar karena kelebihan penumpang dan beratus-ratus penumpang masih dinyatakan hilang, hiks sedih banget).

Ya memang seperti itulah kondisi angkutan laut. Kami para penumpang gak tau tuh apakah kapal itu kelebihan muatan atau tidak, karena kami yakin, jumlah orang gak diitung tuh, gak ada manifest para penumpang, nama kami gak tercatat sebagai penumpang. Jjadi tidak heran kalau beberapa kecelakaan angkutan laut yang terjadi karena kelebihan muatan.

Kami berjalan terus menuju kapal. Wah udah penuh. Saat itu juga ingatan melayang pada buku “Maryamah Karpov” saat si ikal naik kapal dari Tj. Priok ke Belitong. Yaa suasana kapal seperti itu, para penumpang duduk beralas Koran di lorong-lorong kapal. Kami bertiga terus naik menuju dek kapal. Karena saat itu tepat siang hari, suasana sangat panas. Kami gak mau duduk di dalam karena suasana pengap banget. Selain itu, jaga-jaga aja, kalau sampai terjadi hal-hal yang gak diinginkan, jarak kami sangat dekat menuju sekoci. Duuuh segitunya ya, tapi memang harus bersiap untuk segala situasi gak salah kan? Safety first :D

Alhamdulillah setelah perjalanan sekitar dua jam lebih kami akhirnya merapat dengan selamat di Pelabuhan Merak. Alhasil karena kami duduk di dek pada saat panas mentereng, jadinya muka kami langsung gosong  Duuuh item banget.
Dari Merak kami mencari bis menuju terminal Kali Deres dan dari situ lanjut ke Blok M, kemudian dari Blok M tibalah kembali ke tempat asal, bersiap menghadapi rutinitas dan hari-hari baru.

Finally, tamat deh cerita liburan ke Bengkulu dan Lampung.

Next Destination : Kalimantan … a few days to go :)


2 comments:

  1. :-bd ditunggu cerita selanjutnya :p

    ReplyDelete
  2. Hokeh Mike :D
    Siap kan untuk perjalanan selanjutnya?? hehehe... Yuk mariii...

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)