Back To Campuss

Sabtu, 1 November 2008. Hari ini aku menginjakkan kaki kembali di Kampus Unpad Jatinangor dalam rangka menghadiri “Temu Alumni Kimia Unpad” (TAKU) untuk memperingati 50 Tahun Kimia – Unpad. Wah setelah lima tahun (terakhir ke kampus tahun 2003) akhirnya aku kembali ke kampus. Dan melihat kondisi Jatinangor sekarang jauh berbeda dengan 10 tahun yang lalu (1998) saat pertama kalinya aku menginjakkan kaki di kampus. Jalanan yang sudah berubah. Gerbang masuk dipindah ke samping, dulu gerbangnya tuh di Jl. Raya Bandung- Sumedang, tapi akhirnya dipindah ke jalan menuju Unwim dekat Pangdam (alias Pangkalan Damri :D). Sehingga Arboretum tampak dari depan. Tapi kemana itu jalan setapak di antara danau kecil tempat aku dan teman-teman berjalan pulang dari kampus ke arah luar menuju Pangdam?? Waa benar-benar sudah hilang. Padahal ingin sekali rasanya melihat tempat-tempat kami yang dulu masih ada, namun ternyata sudah tergusur oleh rencana pengembangan kampus.

Masuk ke area kampus, perubahan semakin terlihat. Sekarang ada koridor mulai dari bawah sampai terus ke atas. Bahkan di tanjakan cinta pun sekarang diteduhi dengan koridor (jalan tanjakan antara FKG dan FISIP, kenapa dinamakan tanjakan cinta, tanya kennnnaaaaapaaaa???) Dan itu dia, gedung Kimia atau biasa disebut juga D-5. Eh di sekitarnya sudah banyak gedung baru. Bahkan Jurusan Matematika dan Statistika pun sekarang sudah pindah Gedung.

Memasuki Gedung Kimia, registrasi untuk alumni, kemudian difoto. Melihat-lihat lab tempat kami praktikum dulu dan memasuki ruang kuliah yang sudah sedikit diubah.

Di setiap lab, ada foto-foto mewakili masing-masing angkatan. Di Lab. Anorganik ada foto-foto dari Angkatan 60-an, waaa jadul banget deh, dulu kampusnya masih di Singaperbangsa dekat Gedung Sate. Areanya masih sawah. Belum banyak gedung tuh. Bahkan Unpad pusat alias Dipati Ukur-pun masih berupa sawah-sawah. Di Lab. Kimia Fisik ada foto-foto dari Angkatan 70-an. Kemudian naik ke lantai 2, di Lab. Analitik ada foto-foto dari Angkatan 80-an. Dan akhirnya di lantai 3, di Lab. Organik ada foto-foto dari Angkatan 90-an, yang sebagian merupakan foto-foto angkatanku (98). Dan masih di lantai yang sama, Lab. Biokimia, ada foto-foto angkatan 2000-an (hehehe…ini mah paling gak rame, soalnya masih baru, gak ada kesan jadulnya :D).

Kemudian kami kembali ke bawah, kumpul di Lapangan Parkir Kimia yang sudah diteduhi dengan tenda untuk pembukaan. Kursi-kursi sudah mulai dipenuhi oleh para alumni dari mulai angkatan 60-an sampe alumni terbaru angakatan 2003 atau 2004 yang sudah lulus. Alhamdulillah Angkatan ’98 banyak juga yang hadir. Waa senangnya bertemu kembali dengan teman-teman se-angkatan. Acara temu kangennya selain ada ngobrol-ngobrol cerita para Alumni juga ada lomba-lomba seperti 17-Agustusan, balap kerupuk, tarik tambang, dll. Namun, karena hari hujan (walaupun sudah diberi tenda) tetap saja acara dihentikan dan pindah ke ruang kuliah di Lantai 2. Di sana kami melihat slide foto-foto, hahaha…lucu melihat foto-foto dari mulai tahun 1961 sampe 2008 ini.

Ba’da Maghrib acara dilanjutkan ke PTBS untuk Malam Keakraban. Waah itu para ibu-ibu dosen, semangat amat nyanyinya. Kemudian ada pentas dari adik-adik Himpunan. Lumayan seru. Akhirnya waktu sudah hampir menunjukkan pukul 22.00, akhirnya aku dan teman-teman memutuskan untuk pulang padahal acara belum selesai. Duuuh udah kemaleman.

Semoga di masa mendatang, ada kesempatan bagi kami untuk berkumpul kembali.


Foto-fotonya bisa diliat disini.




3 comments:

  1. Lho lies dulu dari teknik kimia ataow dari kimia? reuni tekkim and MIPA kimianya digabung yah?

    ReplyDelete
  2. Kimia MIPA Mbak, di Unpad mah gak ada jurusan Teknik Kimia :D
    Jadi kemarin cuma reuni Kimia MIPA Unpad aja tuh Mbak.

    ReplyDelete
  3. jadi kangen maen ke kampus.... untung aya c ican pelepas rindu pada kampus bitu hihihi....

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)