Olimpiade Taman Bacaan Anak 2008

Minggu, 27 Juli 2008. Yup, it’s the D-Day for Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) 2008 yang diselenggarakan oleh Komunitas 1001 Buku di WTC Mangga Dua. Setelah minggu sebelumnya Technical Meeting dan H-1 acara gladi resik, akhirnya tiba juga di acara puncak. Sekitar jam 6 pagi semua relawan sudah berkumpul dan kemudian berpencar sesuai dengan tugas masing-masing. Kebetulan aku salah satu relawan untuk LO, jadi tugasku mendampingi anak-anak dari salah satu Taman Bacaan Anak (TBA) selama seharian acara itu berlangsung. Aku bertugas jadi LO untuk TBA Rumah Singgah Kunia barengan Aster dengan jumlah anak sekitar 30 orang. Total anak seluruhnya kayanya sampe deh 500 orang dan kalo jumlah relawan kayanya kurang lebih 200 orang.

Hmm…sebenernya ini bukan pertama kali buatku jadi pendamping anak-anak. Dulu jaman kuliah pun pernah jadi seorang “kakak” untuk adik-adik binaan. Tapi kemarin pas OTBA itu kebetulan dapet TBA dimana anak-anaknya “anak jalanan”. Benar-benar sebuah pengalaman mengesankan yang tak terlupakan. Pagi-pagi bagi kaos, tanda peserta, dan pin buat adik-adik tersebut. Trus bagiin snack buat sarapan. Abis itu membimbing mereka ke tempat pembukaan. Tapi yaa namanya juga anak-anak. Tidak semua berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Mereka lari kesana kemari, bulak-balik ke toilet, apalagi dengan tempat seluas WTC Mangga Dua, mereka bisa menikmati lari-lari dari satu lantai ke lantai lain dengan tertawa gembira. Apalagi untuk anak-anak jalanan yang memiliki akses terbatas untuk pengetahuan dan perhatian, mereka benar-benar menikmati hari tersebut. Ada adik yang selalu narik-narik tanganku, pegangan terus, sampe pengen dianter kemana-mana :D

Setelah acara pembukaan selesai, Aku dan Aster mengantar dua orang adik untuk lomba mewarnai. Trus 10 orang untuk lomba marathon…seru banget…walopun mereka gagal di puzzle tapi dengan cepat bisa menyusun gelang dan piramida gelas…hebaaaaaattttttt….. Setelah lomba itu selesai, kami istirahat sejenak untuk makan siang. Jam 1 siang ada 6 orang adik yang ikut lomba gambar. Sementara keenam orang adik itu lomba, kami bersama adik-adik lainnya berkeliling melihat pameran dan display. Kemudian duduk lesehan di perpustakaan kecil yang disediakan panitia. Sebagian mereka baca-baca dan main puzzle tapi anak lainnya lari-lari entah kemana. Akhirnya aku ma Aster membiarkan mereka kemana saja dengan syarat nanti balik lagi ke perpustakaan lesehan itu. Wekekek…cape juga mesti ikut lari-lari ngejar mereka. Trus at 3 p.m, kami semua berkumpul lagi depan panggung untuk dengerin adik-adik dari TBA yang lolos ke grand final lomba dongeng, ada empat TBA yang lolos. Setelah itu ada dongeng dari Pak Raden.

Aku sendiri sangat kelelahan … jadinya hanya duduk di belakang adik-adik yang asyik dengerin Pak Raden. Sekitar 5.30 p.m pengumuman semua pemenang lomba dan juara OTBA 2008. Wuih…Alhamdulillah selesai juga. Setelah perpisahan dengan TBA, panitia kemudian ada kumpul buat evaluasi dan foto-foto…. Legaaaaaaaa…Alhamdulillah acaranya lancar dan sangat menyenangkan menjadi bagian dari keceriaan anak-anak tersebut.


P.S. : Thanks to Aster, my partner, dan foto-fotonya. Makasih ya Aster, kita berdua mengalami suka-duka selama OTBA, dan Alhamdulillah berhasil melaluinya. Apalagi saat melihat senyum dan tawa anak-anak itu, aah sangat menyenangkan sekali. Benar-benar pengalaman tak terlupakan :)



Foto bareng tim relawan LO saat gladi resik, H-1, Sabtu, 26 Juli 2008.


Anak-anak dari TBA didampingi LO-nya siap buat lomba di OTBA 2008.

Pose-pose ceria dari adik-adik TBA Rumah Singgah Kurnia.


Lomba marathon bagian menyusun piramida gelas dengan bantuan karet gelang dan tali, adik-adik heebbaaaaattttttttt.....mereka cepet banget ngerjain ini :)

Santai sambil baca-baca buku. Minat baca mereka Subhanallah besar banget.


Pak Raden sedang mendongeng sekaligus menggambar.



Sertifikat relawan....hehehe...narsis banget nih pajang sertifikat segala.

--------- 31 Juli 2008 -1.38 p.m ----------------



3 comments:

  1. Ooohhh....lies....
    sungguh mulia nian hatimu...
    Masih mau jadi relawan dihari libur...
    (...ogut muji-muji pasti ada maunya..)

    ReplyDelete
  2. kekeke....maunya apa nih Mbak Inta? :D

    ReplyDelete
  3. heeey sesama relawan
    salam kenal yaa...yg pasti OTBA 2008 seruuuu :)

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)