Malam Minggoean di Koeboeran

Malam minggoean di bioskop ato di Mall?? Sudah biasaaa… Malam minggoean di Koeboeran??? Baru luar biasaa… (sesuai tagline-nya BatMus hehehe…)

Hari Sabtu kemaren (5 Juli 2008) aku ikutan program PTD-nya (Plesiran Tempo Doeloe) BatMus (Sahabat Museum). Sebetulnya udah lumayan lama sih ikutan milist BatMus, tapi gak pernah ikutan PTD-nya. Baru kali ini tertarik ikutan. Yaa karena kebetulan juga belum pernah mengunjungi Museum Taman Prasasti di Petojo sana. Lagipula kali-kali donk malam mingguan di kuburan, jangan ke Mall mulu :D

Ngajak Ema, dengan mentah-mentah dia menolak (katanya yee..ngapain malem-malem ke sarean). Hehehe … duuuh Mbak, kok takut banget sih. Ngajak Catur, eeh dia juga gak bisa karena mesti ke rumah Mbak-nya di Pondok Kelapa. Akhirnya yang tersisa untuk diajak tinggal Mike. So, pergi berdua deh bareng Mike.

Sebelum pergi, ngecek dulu ke Ema, makanan, DVD, dan buku sudah ada buat nemenin dia sendirian di kost. Dia bilang, katanya yaa percuma aja semua itu kalo di kost mati lampu. Aku bilang, eh Jeng, jangan ngomong gitu, ntar kejadian lho. Trus aku minjem senternya Ema. Eeeh dia gak mau tuh senternya dibalikin setelah dipinjem, katanya gak mau ah, udah dibawa jalan-jalan ke sarean (duuh Mbak, gpp kali, segitunya sih :D)

Akhrinya aku dan Mike pergi at 5 p.m. ke Blok M, kemudian naik Busway dan turun di Halteu Museum Nasional (tuh Busway sabtu sore ternyata penuh banget). Sesuai petunjuk yang dikasi via e-mail, turun dari Busway, kami jalan kaki menyusuri Jalan Museum terus belok kanan menyusuri Jl. Abd. Muis, kemudian belok kiri menyusuri Jl. Tanah Abang I sampe mentok hingga akhirnya kami sampe di Museum Taman Prasasti.

Saat itu registrasi ulang belum dibuka. Jadi, aku shalat maghrib dulu di Mushola di pinggir kuburan sana. Sementara itu si Mike liat-liat nisan yang ada. Pas aku selesai shalat, dia nunjukin ada nisan dengan tulisan LUCIFER. Trus kita bertanya-tanya, kenapa ya orang itu dijulukin LUCIFER (wakakak…ini sih mode sok tau kita on! Ya iyalah, tulisan di nisan itu bahasa Belanda, dan kami gak ngerti sama sekali bahasa Belanda, sok banget deh kita nebak-nebak artinya).

Setelah itu, kami antri buat registrasi dan mendapatkan nametag. Kemudian, kami masih harus menunggu acara dimulai. Pesertanya lebih dari 100 orang lho (mulai dari anak kecil sampe yang udah sepuh), jadinya rame banget. Sambil menunggu acara kami ngabisin coklat m&m yang aku bawa (hehehe… padahal itu coklat sisa dua hari yang lalu, sisa cemilan abis nonton Kungfu Panda, belum abis-abis).

Sekitar jam 19.15 ato lebih dikit acara dimulai, dibuka oleh Adep dari BatMus. Kami semua duduk di lantai Beranda Museum. Tidak lama setelah itu datang narasumber yang ditunggu-tunggu yaitu Pak Lilie.

Pak Lilie menceritakan asal mula Museum Prasasti dan kuburan Belanda yang ada disana. Jadi, jaman dulu tuh, orang-orang Belanda menguburkan orang di Gereja. Namun, karena kebiasaan itu tidak sehat, jadi dibuka Kebon Jahe Kober (Koeboeran Bersama). Kemudian menjelaskan nisan-nisan yang ada di Beranda Museum Taman Prasasti dengan pilar-pilarnya (pilar yang ada di situ namanya pilar Doria).

Ehh disela-sela Pak Lilie cerita dibagiin nasi uduk. Hmmm…jadinya sambil denger pelajaran sejarah sambil makan nasi uduk yang maknyus..Alhamdulillah.

Oh ya, setelah selesai acara duduk-duduk di Beranda Museum…acara dilanjutkan dengan keliling ke itu koeboeran Belanda. Kata Pak Lilie, kuburan yang ada disitu banyak juga yang pindahan dari Gereja yang sekarang jadi Museum Wayang dan Gererja Sion. Kalo diliat-liat ya, umur para orang Belanda itu rata-rata di bawah 50 tahun saat meninggal. Bahkan banyak juga yang berusia di bawah 40 tahun. Makanya kata Pak Lilie juga, saat itu Batavia dikenal juga dengan sebutan koeboeran bagi orang kulit putih. Mungkin bisa juga karena wabah penyakit saat itu.

(Pas lagi keliling-keliling kuburan, ada sms dari Ema sekitar jam 21.00, katanya di kost-an beneran mati lampu sekitar sejam. Wakakak…duuuh Mbak, makanya tadi sore jangan asal ngomong deh, tuuuh kan akhirnya kejadian beneran mati lampu. Abis diajakin juga gak mau sih si Mbak :D)

Masih keliling kuburan dengan penerangan senter yang hampir setiap peserta bawa, Pak Lilie menceritakan beberapa nisan yang kami lewati. Beliau menerjemahkan tulisan-tulisan dalam nisan karena berbahasa Belanda. Di komplek Kober itu juga terlihat beberapa patung dan lambang-lambang keluarga Belanda jaman dulu (wah kalo siang bisa lebih jelas keliatan tuh gambar). Oh iya, ada juga lho nisannya So Hok Gie, tapi nisannya doank, kan abu So Hok Gie disebar ke laut.

Tidak terasa keliling-keliling Kober itu sudah sampe jam 10 malam. Gak terasa seram lho maen ke kuburan malam-malam (ya iyalah secara gitu pesertanya banyak kekeke…) yaa…sekalian juga mengingat masa depan, toh nanti juga kita semua akan terbaring seperti itu. Pokonya tuh acara seru banget deh. Gak rugi ikutan PTD.

Oh ya, pas mau keluar komplek kuburan baru keliatan tuh rusa penghuni Museum. Kirain tuh rusa cuma ada di Monas doank. Ternyata di kuburan juga ada. Hihihi… rusanya lucu banget.

July 6, 2008, 3.33 p.m di kost.



5 comments:

  1. rusa atau patung rusa mbak??? hahaha...

    ReplyDelete
  2. Yang bikin serem justru karena :
    "Malam Mingguan di Koeboeran Bersama Mike".

    ReplyDelete
  3. Wakakak....Mbak Shinta bisa aja....

    @mike, patung rusa ya mike? hahaha.... parah ya aku!!!

    ReplyDelete
  4. salam kenal....

    gimana jalan2xnya. aku jalan2x cuman foto dehhh jadinya karena keramaian.

    btw kamu punya cerita yang pak lilie jelaskan tidak. mau bikin cerita tapi bingung nda ada datanya.

    salam zener. oyah mampir-mampir ke blog aku juga yah

    ReplyDelete
  5. aku udah bikin ceritanya.
    rada beda

    ReplyDelete

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)