TeVenomena

Catatan: Tulisan ini sebetulnya postingan lama. Pernah aku posting di blog fs, di sana tercatat tanggal 19 April 2006. Dah lama banget kan, hampir dua tahun yang lalu. Tapi gak apa-apalah, emang rencananya semua postingan lama di fs ma mp akan dipindahin ke blogspot ini.

-----postingannya----

TeVenomena. Yup, saya sengaja menulis subjek itu untuk menyoroti fenomena di TV sekarang ini. Well, actually mungkin ini udah agak basi ya, tapi berhubung saya baru sekarang bias menulis tetang ini, gpp kan?

For about 2 weeks, I become a temporary unemployment. So, I have a lot of time to relax, watch TV, or just hang out. Thanks ada Hindun yang jadi temen setia jalan2 (hehehe…sama2 sedang “cuti panjang” soalnya).

Back to TV. Seperti biasa tayangan di TV selalu mengikuti sesuatu yang sedang ramai dibicarakan. Dimuali dari sinetron keluarga (jaman dulu), acara gaib (uka2, etc), berlanjut ke sinetron remaja (menyusul film AADC yang sukses jadi box office), dan sekarang ini lagi banyak sinetron yang katanya sih bertema religius (iya gitu???), dan tentu saja reality show.

Saya gak akan menyoroti hal-hal tersebut, karena menurut saya ada satu hal yang tidak pernah berubah, yaitu tayangan gossip ato lebih kerennya disebut infotainment (yang menurut saya memuakkan) katanya dengan kabar-kabari sebagai pionir. Dari sejak pagi sampe pagi lagi, TV berlomba-lomba menyuguhkan berbagai berita gossip, mulai dari insert, was-was, kiss, cek ricek, dan entah berapa puluh lagi. Kalo temen2 perhatikan, tayangan tersebut (dari pagi sampe sore) pada umumnya menampilkan berita yang itu-itu juga. Misalnya, kemarin2 lagi rame ngomongin Mayang Sari yang ngelahirin seorang anak, trus sekarang lagi rame ngomongin proses perceraian Gusti Randa – Nia Paramitha yang melibatkan seorang tokoh politik (nah, masalah ini mah sampe ditayangin juga di berita 7 pagi). Well, bukan tayangan mendidik bukan? Melihat aib orang lain yang jelas2 bukan urusan kita, dan toh kita pun gak kenal dengan mereka (yang katanya selebritis, tapiiii kalo saya ketemu Desta, wah… kayanya pengen juga minta foto bareng hehehe…). Ternyata, rating mengalahkan segalanya :)

Jadi, sudah saatnya kita memilih untuk menonton TV dengan lebih cerdas, terutama kalo di rumahnya banyak anak kecil. Hati-hati lho, film kartun pun banyak yang tidak layak ditonton anak2 tanpa didampingi ….

Sebenernya sih, kalo menurut pendapat saya, orang yang bekerja (8 to 5) sudah terlalu cape untuk nonton TV, sore2/malam begitu sampe rumah, setelah istirahat bentar dan kalo bisa baca buku, biasanya dalam tempo kurang dari 1 jam mata sudah berat, tidak kuat menahan kantuk.

Namun, buat yang lagi punya banyak waktu luang dan biasa nonton TV, buatlah pilihan cerdas. Jadi daripada nonton gossip, mending nonton acara lain yang lebih keren. Kita bisa nonton berita, acara olahraga (of course this is my fave show), reality show yang mendidik, ato yaa fitur2 lainnya deh. Seperti, Good Morning, euromaxx, tomorrow today, etc. (Btw, yang punya channel ke Trans TV, tolong donk bilangin The Amazing Race-nya kalo bisa diterusin, soalnya itu reality show yang seru, apalagi ada juga edisi Family Amazing Race. Sayang kalo gak ditayangin).

Tapi mungkin kalo kita tetep pengen nonton infotainment, tontonlah Showbiz News. Eiiiittt, bukannya mempromosikan acara punyanya metro tv itu lho (lagi pula saya agak antipati sama metro TV, gara2 Sandrina Malakiano berjilbab, masa dia gak boleh lagi jadi anchor, parah banget kan? Toh di global tv dan TPI ada juga anchor berjilbab, dan gak jadi masalah tuh). Namun, saya pernah menonton Showbiz News sekitar 2-3 kali. Dan secara objektif, harus saya katakan acara itu cukup bagus. Tidak mengandung unsur gossip. Tapi lebih mengedepankan preview dan review karya2 artis, penyanyi, dan seniman lainnya. Jadi bener2 fokus pada hasil karya si artis, bukan pada kehidupan pribadinya (yang sekali lagi…. Menurut saya nggak penting banget!!)

So, saatnya kita buat pilihan bagi kita sendiri. Mau yang cerdas ato yang membodohi. Kalo pernah nonton acara bincang2 Life&Style di Metro, mungkin pernah denger slogan “Don’t forget to put a little syle in your life” dan “It’s your life, so do it with style”…yaaa emang gak ada salahnya sih put a little style in our life … tapi alangkah lebih baiknya jika salah satunya diganti jadi “it’s your life. So, be smart!”


P.S : Aku bukan TV-freak tapi suka juga kok nonton TV.


No comments:

Post a Comment

Please, leave your comment here. Don't forget to put your name ... Anonymous is not recommended. Thanks :)